Wikipedia

Search results

Saturday 30 March 2013

Paus Fransiskus Menolak Tinggal di Istana Kepausan


Paus Fransiskus Menolak Tinggal di Istana Kepausan
[thetablet.org]
Santa Martha House (Domus Sanctae Marthae)

HIDUPKATOLIK.com
 - Paus Fransiskus menolak tinggal di apartemen luas di puncak Istana Apostolik Vatikan. Ia memilih tinggal di flat dua kamar berukuran kecil. Demikian disampaikan oleh juru bicara kepausan Federico Lombardi SJ seperti disiarkan oleh BBC, 27 Maret lalu. Alasannya, katanya, Bapa Suci mencoba gaya hidup sederhana di gedung komunal bersama para pastor lainnya. 

Keputusan itu juga mengubah tradisi paus yang sejak seabad lalu tinggal di istana dan sekaligus memperkuat reputasinya sebagai pribadi yang sederhana. Tatkala menjadi Uskup Buenos Aires, ia juga menolak tinggal di Istana Keuskupan. Ketika itu, ia memilih akomodasi sederhana dan kerap memasak sendiri.

Sejak naiknya Paus Pius X di awal abad ke 20, setiap paus menempati apartemen 12 kamar di puncak istana yang dilengkapi dengan sayap khusus pegawai, teras dan pemandangan luas ke kota Roma. Tetapi sejak terpilih, Paus Fransiskus sudah menempati flat dua kamar sederhana di Domus Sancta Martha, kediaman mirip hotel yang dibangun Paus Yohanes Paulus II di sebelah Basilika Santo Petrus. Menurut jurubicara Lombardi, ia berniat untuk terus tinggal di sana. "Pagi ini Bapa Suci memberitahu para kardinal bahwa beliau akan tetap menempati flat itu," katanya. Lombardi tak bisa mengatakan apakah Paus berencana tinggal di sana untuk jangka panjang. "Saat ini masih periode membiasakan diri," katanya. Paus akan bersantap di ruang makan bersama para penghuni lainnya serta tetamu.

Paus Fransiskus akan menggunakan perpustakaan kepausan di lantai dua istana untuk menerima tamu dan akan muncul di jendela yang digunakan paus-paus sebelumnya untuk menyapa dan memberkati para umat dan peziarah di Lapangan Santo Petrus.

No comments:

Post a Comment